Ini lo Risiko yang harus ditanggung di balik keseruan bermain gadget

Kebutuhan akan smartphone dewasa ini memang bukan lagi sebatas untuk bertelepon maupun berkirim pesan. Lebih dari itu ponsel pintar sudah mendarah daging dalam rutinitas sepanjang hari. Betapa tidak, mulai kebutuhan kamera, mendengarkan musik, hingga bermain game, sudah tersaji dalam satu genggaman.




TRIIBUUNNEWS.COM - Risiko yang harus ditanggung di balik keseruan bermain gadget | Kebutuhan akan smartphone dewasa ini memang bukan lagi sebatas untuk bertelepon maupun berkirim pesan. Lebih dari itu ponsel pintar sudah mendarah daging dalam rutinitas sepanjang hari. Betapa tidak, mulai kebutuhan kamera, mendengarkan musik, hingga bermain game, sudah tersaji dalam satu genggaman.

Akibatnya, mata pun tak luput dari pandangan fokus menatap layar gawai. Lebih lanjut, dampak menatap layar gadget secara terus-menerus ini juga berimbas pada beragam gangguan yang muncul dari dalam tubuh.

Menyebabkan Sindrom Metabolik

Imbas yang paling mudah ditemukan pada seseorang yang kecanduan gadget adalah perilaku hidup yang asal-asalan. Seperti makan sembarangan, kurang tidur, malas olahraga hingga rawan stres. Apabila terjadi dalam waktu lama, ahli kesehatan internasional, Victoria L. Dunckley, MD, menyebutkan dapat memicu terjadinya sindrom metabolik, yang mencakup obesitas, diabetes hingga tekanan darah tinggi.

Gampang Tersinggung

Perilaku introvert akibat terlalu asyik sendiri menatap layar gadget juga dapat memicu seseorang menjadi lebih menutup diri terhadap kehidupan sosial. Hal ini dapat membuat emosi jadi kurang terkontrol. Walhasil, kebanyakan dari maniak gadget punya kencenderungan marah-marah atau gampang tersinggung.

Penyusutan Otak

Ternyata, melihat layar gadget dalam waktu lama dapat menyebabkan perubahan perilaku kognitif. Menurut lansiran Psychology Today, perubahan perilaku tersebut mencakup kecenderungan untuk menyendiri, kurang interaksi, jarang bergaul hingga suka melamun. Hal tersebut membuat kinerja otak jadi berkurang, termasuk kemungkinan untuk mengalami penyusutan otak, bilamana dilakukan dalam kurun waktu lama.

Mengganggu Kesehatan Mata

Sebagai organ yang paling aktif bekerja saat menatap layar gadget, gangguan pada mata memang sulit dihindarkan. Apalagi menurut Profesor Steven Gortmaker, layar gadget memiliki sinar biru yang dapat merusak retina mata. Guru besar sosiologi kesehatan asal Harvard tersebut juga menambahkan, bila satu jam menatap layar gadget sudah mampu membuat mata kering dan lelah.

Guna menghindari dampak terburuk, Profesor Steven menggagas konsep 20-20-20. Maksudnya, jika sudah 20 menit melihat layar, pandanglah objek yang berada pada jarak 20 meter selama 20 detik. Hal ini dapat membuat otot mata tidak sampai tegang.

Selain itu, mata kering akibat terlalu lama menatap layar juga dapat diatasi dengan obat tetes mata, seperti Braito Tears. Obat tetes mata ini dapat menggantikan air mata, sehingga dapat melumasi dan menyegarkan kembali mata yang kering. Teteskan 1-2 tetes pada kedua mata sebanyak 2-3 kali dalam sehari.
[tmi]

SUMBER : Merdeka.com
pENULIS : Iwan Tantomi

COMMENTS

Nama

Artis beri Berita Berita Artis Berita Heboh Berita Kecelakaan Berita Menarik Berita Terkini Berita Unik Edukasi Entertainment News foot ball Gaya Hidup Hiburan Hubungan Internasional Islam Kesehatan Local mengulas sejarah Mitos atau Fakta Nai Nasional News Olahraga Peristiwa PNS. BER Politik Selebritis tahu ngak sih? Teknologi Trending Topik Trik and Tips Video Lucu Viral
false
ltr
item
Kumpulan Berita Viral Terbaru: Ini lo Risiko yang harus ditanggung di balik keseruan bermain gadget
Ini lo Risiko yang harus ditanggung di balik keseruan bermain gadget
Kebutuhan akan smartphone dewasa ini memang bukan lagi sebatas untuk bertelepon maupun berkirim pesan. Lebih dari itu ponsel pintar sudah mendarah daging dalam rutinitas sepanjang hari. Betapa tidak, mulai kebutuhan kamera, mendengarkan musik, hingga bermain game, sudah tersaji dalam satu genggaman.
https://1.bp.blogspot.com/-ZHkMpKF6oQk/V5gq_lcojxI/AAAAAAAAAY8/Dzov-ElQK9AckpqAbC3G_cS6u68FG-q1wCLcB/s640/EE.png
https://1.bp.blogspot.com/-ZHkMpKF6oQk/V5gq_lcojxI/AAAAAAAAAY8/Dzov-ElQK9AckpqAbC3G_cS6u68FG-q1wCLcB/s72-c/EE.png
Kumpulan Berita Viral Terbaru
http://www.beritaviral0.com/2016/07/ini-lo-risiko-yang-harus-ditanggung-di.html
http://www.beritaviral0.com/
http://www.beritaviral0.com/
http://www.beritaviral0.com/2016/07/ini-lo-risiko-yang-harus-ditanggung-di.html
true
5218387424899501703
UTF-8
Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy