MINGGU 31 Jully : Setiap Ada Alun-Alun Pasti Ada Masjid Di Sebelahnya. Tahukah Anda Penyebabnya?

shares |

TRIIBUNNEWS.COM - Kalau Anda melakukan perjalanan melalui jalur Pantura (Pantai Utara), ada beberapa hal yang menjadi keunikan. Salah satunya adalah alun-alun dan Masjid Agung. Ya, hampir di setiap kota/kabupaten yang dilewati, pasti melewati alun-alun dan tentu saja selalu “sepaket” dengan Masjid Agung.

MINGGU 31 Jully : Setiap Ada Alun-Alun Pasti Ada Masjid Di Sebelahnya. Tahukah Anda Penyebabnya?

Sewaktu saya melakukan perjalanan ke Jawa Tengah beberapa waktu lalu, saya pun melewati alun-alun di hampir setiap daerah. Dan menariknya lagi, di sekitar alun-alun tersebut pasti ada masjidnya. Seperti di daerah Sumedang, Brebes, Pemalang, Pekalongan(?), Demak, dan Kudus. Bahkan, di Bandung pun alun-alun berdekatan dengan Masjid Agung. Dan terletak pula di jalur jalan antar kota-antar provinsi (Jalan Asia Afrika).

Nah, saya jadi penasaran, apa memang ada sejarah khusus mengenai hubungan antara alun-alun dan Masjid Agung? Barangkali ada hubungannya dengan masa Pemerintahan Belanda di Indonesia?

(sumber rizaldp.wordpress.com)
editor riki yuana
saya sampai sekarang masih mencari referensinya, kenapa setiap ada alun alun selau ada masjinya,,?

ada apakah du balik itu...kalau tahu silahkan komen...


Related Posts

1 komentar

  1. Menurut yang saya ketahui, kondisi dimana setiap alun2 di sekitarnya pasti terdapat masjid itu di karenakan pengaruh dari kondisi masa lampau, semisal di daerah Demak, dulu pada masa kerajaan Demak yang di pimpin oleh raden fitnah memang tataletaknya seperti itu selain itu di sekitar alun2 juga terdapat pasar, dan mungkin itu menjadi pusat bagi manusia untuk melakukan interaksi, bisa dikatakan pusat pemerintahan, pasti terdapat keraton, masjid, pasar dan alun2 itu juga, dan letak semua itu saling berdekatan.

    BalasHapus