Ngeri : 7 Bahan mengerikan yang terkandung dalam sebatang rokok

shares |

Ngeri : 7 Bahan mengerikan yang terkandung dalam sebatang rokok

TRIIBUNNEWS.COM - 7 Bahan mengerikan yang terkandung dalam sebatang rokok | Sebagian besar dari Anda mungkin sudah tahu bahwa merokok adalah sebuah kebiasaan yang sangat berbahaya. Bahkan dapat merenggut nyawa di kasus-kasus terparah. Secara global, rokok selalu memiliki andil besar dalam kematian di seluruh dunia tiap tahun.

Hal ini tentu disebabkan oleh tingginya risiko terjangkitnya kanker paru-paru bagi mereka perokok berat.

Yang mengerikan adalah kandungan nikotin di dalamnya yang memiliki sifat candu. Nikotin mampu masuk dalam aliran darah dan mencapai otak untuk menciptakan adrenalin. Itulah sebabnya ada orang yang benar-benar tidak bisa meninggalkan kebiasaan rokok.

Nah, selain nikotin, ternyata ada bahan-bahan yang sangat mengerikan yang terkandung di dalam sebatang rokok. Langsung saja simak penjelasannya berikut ini.

1. Aseton
Aseton pada umumnya digunakan untuk membersihkan cat kuku. Ketika bahan ini dihirup melalui rokok, maka dapat menyebabkan penyakit kulit dan gangguan otak.
6. Karbon monoksida
karbon monoksida adalah bahan kimia fatal yang ditemukan dalam rokok. Bisa menyebabkan sakit kepala, mual, pusing, dan berujung pada gangguan jantung.

2. Benzene
Benzene merupakan bahan kimia yang ditemukan di dalam rokok, semen, dan karet. Bagi Anda yang belum tahu, ini merupakan karsinogen mematikam yang bisa dihubungkan dengan leukimia atau kanker darah

3. Tar
Beberapa dari Anda mungkin sudah tahu bahwa selalu ada tulisan TAR di bungkus rokok dan mengetahui berapa banyak kandungannya. Nah, Tar ternyata sangat mengerikan efeknya, yakni menyebabkan gangguan seperti emfisema, bronkitis kronis, dan kanker paru-paru.

4. Amonia
Ini merupakan salah satu bahan kimia yang ditambahkan dalam batang rokok. Amonia dapat menyebabkan bronkitis dan gangguan pernapasan lainnya.

3. Formaldehida
Sebenarnya Formaldehida yang ditemukan dalam rokok adalah cairan pembalseman yang umumnya digunakan untuk mengawetkan mayat. Efek penggunaan formaldehida adalah kanker, kulit rusak, dan berbagai penyakit yang berhubungan dengan pernapasan.

5. Arsenik
Arsenik merupakan bahan utma dalam racun tikus. Sehingga Anda dapat membayangkan seberapa bahayanya itu jika kita hirup. Hal ini dapat berakibat pada kandung kemih dan kanker paru-paru.

Sumber : Merdeka.com
Reporter : Yoga Tri Priyanto

Related Posts

0 komentar:

Poskan Komentar