Bongkar Rahasia: Menurut studi, ini tipe muka yang membuat orang 'lebih dipercaya'

shares |

Bongkar Rahasia: Menurut studi, ini tipe muka yang membuat orang 'lebih dipercaya'

TRIIBUNNEWS.COM - Menurut studi, ini tipe muka yang membuat orang 'lebih dipercaya' | Kita tentu mengetahui bahwa kesan pertama adalah hal yang paling penting dalam hal membangun relasi. Bagaimana cara kita berkomunikasi baik verbal maupun non-verbal dapat memberi berbagai kesan terhadap lawan bicara kita. Mulai dari bagaimana kepribadian kita, bahkan kredibilitas kita dalam profesionalisme.

Meski komunikasi verbal adalah hal yang penting dalam membangun komunikasi, lawan bicara kita ternyata juga terpengaruh dari beberapa aspek non-verbal yang sudah ada dalam diri kita.

Dilansir dari Medical Daily, dua studi yang dipublikasikan di jurnal Psychology, Crime, and Law, menyebutkan bahwa dalam hal kepercayaan, faktor seperti alis, tulang pipi dan bentuk muka kita adalah aspek yang menentukan.

Penelitian yang menggunakan kasus kriminal yang nyata ini, mengungkapkan bahwa partisipan dari penelitian ini sebagian besar percaya terhadap cerita seorang wanita tua yang mengaku tidak bersalah atas tuduhan dirinya membunuh sang suami. Padahal faktanya, dia terbukti bersalah telah membunuh suaminya sendiri. Hal ini berkebalikan dengan anggapan partisipan terhadap seorang pria yang kehilangan anggota keluarganya yang dianggap hanyalah bohong belaka. Padahal, hal ini benar terjadi.

Kesimpulan dari beberapa kasus tersebut adalah alis yang sedikit turun dan bentuk wajah yang langsing tak membuat ia dipercaya oleh orang lain.

Hal ini dikarenakan si wanita tua yang terbukti bersalah memiliki alis yang tinggi dan tulang pipi yang baik pula. Sementara pria yang kehilangan anggota keluarganya tersebut memiliki alis yang agak turun. Hal tersebut membuatnya terlihat 'cemas,' dan cemas adalah tanda kebohongan.

Otak kita sebenarnya secara langsung 'menghakimi' seseorang yang kita tidak percayai. Salah satu bagian otak yang bernama amygdala adalah yang bertanggung jawab akan hal tersebut, dengan dalam 33 milidetik sudah menghakimi seseorang hanya dari wajahnya apakah dia dapat dipercaya atau tidak.

Jadi jika Anda memiliki alis yang tinggi serta tulang pipi yang naik, Anda cukup beruntung karena mendapat sedikit kepercayaan sebelum Anda bahkan melakukan apapun. Menurut penelitian sebelumnya juga menyatakan bahwa mata cokelat juga jadi salah satu ciri fisik yang membuat orang akan lebih mudah dipercaya.

Sumber : ( http://www.merdeka.com/gaya/menurut-studi-ini-tipe-muka-yang-membuat-orang-lebih-dipercaya.html )
Reporter : Indra Cahya

Related Posts

0 komentar:

Poskan Komentar