Kejahatan ATM Meraja Lela Dan Menjadi Sasaran Pencuri

shares |

TRIIBUNNEWS.COM - SITUASI keamanan di Kota Kupang mulai diganggu dengan aktivitas pelaku kejahatan yang bisa dikatakan cukup berani yaitu upaya pembobolan mesin Anjungan Tunai Mandiri (ATM). Kasus terbaru menimpa ATM BRI yang terletak di depan Toko Tirta Mas, Jalan Fetor Foenay, Kelurahan Kolhua, Kecamatan Maulafa, Kota Kupang, Selasa (26/7/2016). Bahkan maling itu sempat mengajak penjaga toko untuk sama-sama membobol ATM tersebut.

Kejahatan ATM  Meraja Lela Dan Menjadi Sasaran Pencuri

Pelaku nekat menggunakan linggis mencungkil bagian mesin ATM, namun usahanya untuk mengambil uang di dalam ATM tersebut gagal.

Meski pelaku gagal membawa uang yang ada dalam mesin ATM tersebut, namun ini sudah memberi sinyal bahwa mesin ATM yang meski berada di tempat ramai dan dilengkapi dengan CCTV belum aman dari ulah pelaku kejahatan.

Mesin ATM kini sudah menjadi sasaran kejahatan yang ingin meraup keuntungan dengan cara membongkar mesin ATM tersebut.

Sebagai warga Kota Kupang tentu ini menjadi sinyal bahwa pelaku kejahatan saat ini semakin nekat. Mereka berani melakukan aksi pada objek yang berada di tempat. Ini juga membuat kita bertanya, bagaimana dengan fasilitas yang ada di tempat sepi.

Meski baru kasus pertama, aparat keamanan dan kita sebagai masyarakat harus lebih peka terhadap fenomena ini. Kita tidak ingin Kota Kupang yang aman dan damai ini tiba-tiba tumbuh aksi kejahatan di mana-mana.

Kali ini mungkin mesin ATM yang menjadi sasaran, bukan tidak mungkin di hari-hari mendatang pelaku bisa lebih nekat misalnya dengan merampok bank atau merampok rumah warga bahkan melakukan aksi penodongan dan pembunuhan di tempat ramai.

Kasus upaya pembobolan mesin ATM juga menjadi sinyal bagi aparat kepolisian bahwa aksi kejahatan di Kupang semakin terbuka dan nekat. Artinya, aparat kepolisian juga harus lebih sigap dalam menyikapi peristiwa ini.

Sebagai warga Kota Kupang, tidak ingin melihat polisi hanya bisa melakukan razia kendaraan bermotor hanya untuk menemukan pelaku pelanggaran untuk ditilang. Tapi polisi juga harus lebih aktif melakukan patroli ke objek-objek yang sekiranya bisa menjadi sasaran aksi kejahatan.

Kita juga berharap agar pengelola mesin ATM meningkatkan kewaspadaan dan pengamanan mesin ATM yang ada. Kita sadar bahwa pengamanan mesin ATM tentu sudah sesuai mekanisme atau standar yang berlaku, namun itu belum tentu aman dari orang yang benar-benar berniat jahat.

Harus ada pula mekanisme tambahan yang bisa menjamin mesin ATM tersebut aman baik mesin ATM itu sendiri maupun orang yang menarik uang dari mesin tersebut. Sebab, keamanan mesin ATM akan berpengaruh pada kenyamanan pengguna mesin ATM.

Kita sebagai masyarakat tentu harus memiliki kewajiban moral untuk menjaga setiap mesin ATM. Kita harus berani menegur atau melaporkan orang yang berniat jahat pada mesin ATM atau kejahatan apapun dengan cara melaporkan ke polisi atau petugas keamanan yang ada. Bila kita semua memiliki kesadaran tersebut, maka kita sudah menutup kesempatan bagi orang yang berniat melakukan kejahatan.* (uri/umandi/unday/SS)

sumber https://kupang.uri.co.id/read/8202/2016/07/mesin-atm-jadi-sasaran-pencuri

reporter sumandi sunday

Related Posts

0 komentar:

Poskan Komentar