Website Berita Terhangat | Terbaru | Teraktual dari Berbagai Sumber..!

Sabtu, 13 Agustus 2016

Napas Sering Berbau Tidak Sedap di Pagi Hari? Ini Cara Mengatasinya


TRIIBUNNEWS.COM - Napas Sering Berbau Tidak Sedap di Pagi Hari? Ini Cara Mengatasinya | Bau mulut, terutama di pagi hari, kerap kali menjadi masalah bagi sebagian orang.

Selain dapat mengurangi kadar kepercayaan diri seseorang, bau mulut kerap kali membuat lawan bicara merasa tidak nyaman.
Dikutip dari Danified (20/4/2016), napas bau di pagi hari, atau yang dikenal juga dengan sebutan Halitosis, adalah sebuah kondisi yang merupakan hasil dari berkurangnya air liur saat malam hari.

Hal ini akan menciptakan lingkungan bagi bakteri untuk berkembang dan menyebarkan bau tak sedap maupun gas yang memiliki bau seperti sulfur, atau bahkan bisa lebih buruk.

Penyebab bau tidak sedap

Menurut hasil dari beberapa penelitian, sekitar 80% penyebab terjadinya napas tidak sedap berasal dari faktor di dalam mulut.

Sebagai contoh, penyakit di rongga mulut dan gusi juga dapat menjadi penyebab munculnya bau nafas tak sedap.

Amandel, retakan pada gigi, serta gigi palsu yang tak terawat juga dapat menjadi penyebabnya.

Beberapa kondisi medis internal juga dapat menjadi faktor pemicu munculnya bau napas tak sedap. Beberapa di antaranya yaitu :

- Diabetes
- Penyakit hati
- Infeksi saluran pernapasan
- Bronkitis kronis

Tips mencegah munculnya bau napas tak sedap

Salah satu tips untuk mencegah munculnya bau napas tak sedap adalah dengan terus membiasakan diri melakukan kebiasaan yang menyehatkan.

Seperti menyikat gigi setidaknya dua kali sehari (atau setiap selesai makan), rajin melakukan flossing setiap hari, dan menyikat lidah menggunakan pasta gigi maupun pembersih lidah.

Anda juga bisa menggunakan pasta gigi anti-mikroba dan cairan pembersih mulut, serta beberapa produk untuk membasmi bau mulut tak sedap, maupun senyawa berbahan dasar sulfur.

Pencegahan

Untuk mencegah munculnya bau mulut tak sedap, sangat penting untuk memastikan agar mulut terbebas dari partikel seperti plak maupun sisa-sisa makanan, yang kerap dijadikan tempat bersarangnya bakteri.

Karena kerap disebabkan oleh bakteri, pembersihan mulut dari bakteri menjadi salah satu cara ampuh untuk menyingkirkannya.
Anda juga dapat menciptakan lingkungan yang bebas dari bakteri.

Bakteri penyebab bau mulut tak sedap kerap kali berkembang biak di lingkungan yang memiliki kandungan asam.

Kondisi mulut yang kering pun juga dapat meningkatkan produksi bau mulut tak sedap, jadi, sangat penting untuk menjaga mulut agra tetap lembab, saat anda sedang beristirahat. (Sadam, Sumber : Danified)

Sumber : ( http://palembang.tribunnews.com/2016/04/26/napas-sering-berbau-tidak-sedap-di-pagi-hari-ini-cara-mengusirnya?)
Editor: Sudarwan
Napas Sering Berbau Tidak Sedap di Pagi Hari? Ini Cara Mengatasinya Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Mas Hery

0 komentar:

Poskan Komentar