PABRIK SEMEN : Mengingat Kembali Sambutan Tahun 2014 Bapak Bu.....Semoga Benar-Benar Manfaat.

shares |

TRIIBUNNEWS.COM - Hingga siang ini (9/3) pembahasan komisi analisis dampak lingkungan (Amdal) yang digelar oleh Badan Lingkungan Hidup (BLH) Kabupaten Pati masih berlangsung. Hasil rapat membahas Amdal terkait rencana pendirian Pabrik Semen PT Indocement di Pati itu masih ditunggu berbagai pihak.


Hasil rapat belum diketahui. Pendirian pabrik semen diprakarsai PT Sahabat Mulia Sakti (SMS), anak perusahaan dari PT Indocement.

Bupati Pati, Haryanto mengatakan, digelarnya sidang Amdal ini menunjukkan itikad baik dari PT SMS. Dengan prakarsa yang baik dari PT SMS, diharapkan nantinya bisa mewujudkan hal yang baik pula. Andai nantinya berdiri industri semen di Pati, itu harus mampu memberikan dampak yang luas, bukan menguntungkan perusahaan semata.

"Tentunya dampak yang positif bukan yang negatif. Karena tentunya sudah melalui tahapan yang luar biasa. Saya tidak mungkin menyengsarakan rakyat," kata Haryanto dalam sambutannya.

Lebih lanjut Haryanto mengatakan, digelarnya sidang komisi Amdal, untuk memberi ruang pada PT SMS agar menjelaskan dampaknya. Menurutnya, tidak fair jika berbagai penolakan dilontarkan tanpa memberikan kajian ilmiah dari pembangunan pabrik semen itu.

"Karena kita ingin tahu bagaiamana dampaknya ke depan. Jika tidak sesuai kajian ilmiah, bagaimana manfaat dan kerugiannya. Jika banyak kerugiannya, maka saya akan berada paling depan menolak, tanpa harus diminta," tegasnya.

Akan tetapi, katanya, jika pembangunan pabrik semen banyak mendatangkan manfaat, maka Haryanto mengajak untuk bersama-sama mendukung. Menurutnya, hal itu cukup realistis. Pasalnya, kemelut pembangunan pabrik semen sudah berlangsung lama hingga menghabiskan banyak waktu dan pikiran.

"Saya juga sudah meminta pada tim konsultan Amdal agar yang jelek dikatakan jelek dan yang baik dikatakan baik. Kita harus apa adanya jangan ada yang ditutup-tutupi," pungkasnya.  (*)

Sumber http://jateng.tribunnews.com/2014/09/03/jika-rugikan-rakyat-bupati-pati-haryanto-tolak-pembangunan-pabrik-semen

Related Posts

0 komentar:

Poskan Komentar