SD-SMP Indonesia Bakal Full Day School & Libur 2 Kali Seminggu , Apakah Ini Permaian Politik Pendidikan ?

shares |


TRIIBUNNEWS.COM -  SD-SMP Indonesia Bakal Full Day School & Libur 2 Kali Seminggu | Baru beberapa pekan menjabat sebagai Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud), Muhadjir Effendy sudah merumuskan kebijakan pendidikan baru. Dan kali ini adalah kamu yang duduk di bangku SD serta SMP untuk bersiap-siap. 

Lho kenapa? Karena pak Muhadjir akan menggagas pendidikan sistem full day school untuk kedua jenjang itu.

Jika kamu tak tahu, sistem full day school adalah sistem pendidikan sekolah yang hampir seharian penuh. Jika biasanya pelajar SD-SMP pulang sekolah antara pukul 11.00 – 13.00, maka jika full day school mereka bisa pulang pukul 15.00-16.00.

Beberapa sekolah swasta di Indonesia memang sudah menerapkan sistem full day school dan tampaknya ke depan akan menyusul sekolah negeri di seluruh Nusantara.

“Dengan sistem full day school ini, secara perlahan anak didik akan dibangun karakternya dan tidak menjadi liar di luar sekolah ketika orangtua mereka masih belum pulang kerja.

Kalau anak-anak di sekolah, mereka bisa menyelesaikan tugas sekolah dan mengaji hingga dijemput orangtua usai

Lalu mereka pulang bersama orangtua dan saat di rumah tetap dalam pengawasan,” ungkap Muhadjir panjang lebar, seperti dilansir Merdeka.

Mengenai kegiatan mengaji sendiri, Muhadjir menyebut jika pihak sekolah bisa memanggil guru ngaji atau ustaz yang diketahui latar belakang dan rekam jejaknya.

Karena jika mengaji di luar, dikhawatirkan akan mengajarkan hal-hal yang menyimpang dari Islam.

Demi mewujudkan kebijakan baru ini, mantan Rektor UMM itu tengah terus melakukan sosialisasi di sekolah-sekolah mulai pusat sampai daerah.

Untuk program perpanjangan jam sekolah yang dia gagas, terungkap jika Wakil Presiden (Wapres) Jusuf Kalla sudah setuju dan Presiden Jokowi begitu mengapresiasi.

“Saya diilhami oleh sekolah-sekolah swasta soal full day school ini. Sistem ini memberikan kesempatan sekolah untuk menanamkan pendidikan karakter sesuai program Nawacita pemerintahan Jokowi-JK. Nanti kita ciptakan lingkungan sekolah yang lebih menggembirakan.

Kalau ini diterapkan, dalam sepekan sekolah akan libur dua hari yakni Sabtu dan Minggu sehingga anak didik bisa lebih lama berkumpul dengan keluarga,” tutup pak Muhadjir. Jadi gimana? Kamu setuju full day school dan libur dua kali dalam seminggu? (mdk/aia)


Sumber : ( http://populerkan.id/wow-sd-smp-indonesia-bakal-full-day-school-libur-2-kali-seminggu-pendapatmu )
Penulis : Admin

Related Posts

0 komentar:

Poskan Komentar