Sering sikat gigi justru bikin gigi jadi mudah rapuh? Sudah Tahu Belum

shares |


TRIIBUNNEWS.COM - Sering sikat gigi justru bikin gigi jadi mudah rapuh | Tubuh manusia dengan beragam organ serta fungsinya bisa menjadi hal yang rumit dan kompleks. Setiap organ mulai dari yang kecil hingga besar saling berkaitan untuk membuat tubuh selalu sehat serta bugar. Begitu pula dengan gigimu.

Gigi memiliki fungsi untuk mengunyah makanan yang kemudian akan masuk ke saluran pencernaan untuk dicerna lebih lanjut sehingga nutrisi dalam makanan bisa beredar ke seluruh tubuh melalui darah. Sebagai pintu awal tercernanya makanan, maka menjaga kesehatan gigi wajib hukumnya. Salah satu caranya yang paling mudah adalah dengan sikat gigi.

Namun sebuah penelitian yang dilansir dari boldsky.com mengungkapkan bahwa terlalu sering menyikat gigi atau menyikat dengan cara yang salah justru bisa membuat gigimu rapuh lho.

"Gigi memiliki lapisan yang disebut dengan enamel. Lapisan ini berfungsi untuk melindungi gigimu dari segala macam hal yang berpotensi menyebabkan kerusakan seperti konsumsi makanan atau minuman dengan suhu yang terlalu panas atau dingin. Menyikatnya terlalu keras dan sering bisa membuat lapisan enamel menipis. Akibatnya gigi jadi rapuh dan sensitif. Tak jarang gigi akan mudah berlubang serta gusi berdarah," terang penelitian ini.

"Untuk mencegah agar kamu tidak sampai mengalaminya, pastikan kamu menyikat gigi dengan lembut. Perhatikan gerakan menyikat gigi dengan cara melingkar. Serta gunakan pasta gigi yang tidak terlalu banyak mengandung detergen keras yang bisa mempertipis enamel gigi."

Sumber : ( http://www.merdeka.com/sehat/sering-sikat-gigi-justru-bikin-gigi-jadi-mudah-rapuh.html ) | Reporter : Febrianti Diah Kusumaningrum

Related Posts

0 komentar:

Poskan Komentar