Website Berita Terhangat | Terbaru | Teraktual dari Berbagai Sumber..!

Sabtu, 13 Agustus 2016

TAHU NGGAK SIIIH....? Mengapa Dokter Ketika Melakukan Oprasi Selalu Berpakaiaan Berwarna Hijau? Naahh Ini Penjelasan Ahli...

TRIIBUNNEWS.C0M - Ini alasan mengapa dokter selalu berbaju hijau ketika operasi dan bukan menggunakan baju warna lainnya. Seperti yang kita ketahui, dokter di luar kegiatan operasi menggunakan baju berwarna putih, tapi saat sudah waktunya harus mengoperasi seorang pasien, mereka pasti langsung mengganti baju atau seragamnya dengan yang warna biru atau hijau. Pasti kita sering memerhatikannya, tapi sama sekali tidak tahu asal-usul mengapa seragam operasi dokter haruslah berwarna hijau atau biru. Alasan-alasannya bisa ditemukan di sini.

TAHU NGGAK SIIIH....? Mengapa Dokter Ketika Melakukan Oprasi Selalu Berpakaiaan Berwarna Hijau? Naahh Ini Penjelasan Ahli...

Alasan Mengapa Dokter Selalu Berbaju Hijau ketika Operasi dan Bagaimana Sejarahnya

Tentang penggunaan warna hijau tersebut, dijelaskan menurut “Today’s Surgical Nurse” bahwa warna hijau sudah lama digunakan, yaitu sekitar awal abad ke-20 dan tujuan dari penggunaan warna tersebut adalah supaya penglihatan dokter saat operasi bisa terbantu. Mengapa bukan warna merah, ungu, atau warna-warna lainnya dan malah warna hijau itu dikarenakan penglihatan dokter bisa lebih baik.

- Penglihatan dokter menjadi lebih segar dari segala sesuatu yang berwarna merah. Kita tahu sendiri bahwa organ dalam tubuh manusia sebagian besar berwarna merah serta warna darah. Jadi, supaya ketika operasi penglihatan setiap dokter tetap awas dan fres. Warna ditafsirkan oleh otak terhadap warna lainnya itu secara relatif.

Kenapa baju operasi dokter berwarna hijau? Sudah terjawab di sini; kalau saat dokter melakukan operasi menatap sesuatu yang warnya sekitar merah muda atau merah, penglihatan tidak menjadi awas karena sudah terbiasa dengan warna-warna itu yang berefek pada terganggunya penglihatan dan menjadi kurang fokus. Sangat berbahaya kalau sang dokter penglihatannya sudah mulai memudar karena mereka akan kesulitan untuk melihat jaringan dan organ tubuh pasien operasinya. Dengan warna hijau, dokter bakal melihat warna tersebut dari waktu ke waitu sehingga sensitivitas matanya terhadap variasi dalam warna merah bisa terjaga. Sangat berisiko apabila penglihatan dokter tidak lagi fokus dan dibingungkan dengan warna-warna yang ada.

- Penglihatan dokter dan konsentrasinya akan organ dalam yang berwarna merah milik pasiennya bakal terus terjaga dan fokus; ini salah satu alasan pakaian operasi dokter berwarna hijau. Warna organ dalam adalah merah dan bisa memicu ilusi optik berwarna hijau pada permukaan berwarna putih sehingga penglihatan pun jadi terganggu. Munculnya ilusi optic ini adalah ketika sang dokter menatap dari warna merahnya jaringan tubuh beralih ke sesuatu berwarna putih. Kemunculan ilusi optik warna hijau dari organ dalam pasien operasi bakal terjadi di latar belakang warna putih itu.

Terjadinya ilusi optic ini disebabkan oleh warna putih di mana segala spectrum warna dimilikinya, termasuk warna merah dan hijau. Ini menjadi salah satu alasan dokter memakai baju berwarna hijau saat operasi; kalau pakaian berwarna biru atau hijau dilihat oleh para dokter dalam kegiatan pembedahan dan bukannya warna putih, maka ilusi yang dapat mengganggu tersebut bakal membaur dengan warna pakaian sehingga mereka tidak akan terganggu. Untuk kesuksesan sebuah operasi, warna baju dokter saat melakukan operasi sangatlah penting dan itulah mengapa warna hijau atau birulah yang dikenakan. Hal ini sudah dinyatakan juga oleh seorang peneliti ilusi mata bernama Paola Bressan dari University of Padova di Italia.

Jika seragam dokter berwarna putih adalah sebagai lambang kebersihan, untuk baju operasinya, para dokter menganggap warna hijau atau biru membuat penglihatan lebih nyaman, segar, dan fokus. Ini alasan mengapa dokter selalu berbaju hijau ketika operasi setelah melewati serangkaian penelitian sehingga akhirnya bisa dijelaskan secara logis.

sumber http://www.kumpulanmisteri.com/2015/08/ini-alasan-mengapa-dokter-selalu.html
TAHU NGGAK SIIIH....? Mengapa Dokter Ketika Melakukan Oprasi Selalu Berpakaiaan Berwarna Hijau? Naahh Ini Penjelasan Ahli... Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Riki Yuana

0 komentar:

Poskan Komentar