Website Berita Terhangat | Terbaru | Teraktual dari Berbagai Sumber..!

Selasa, 20 Desember 2016

Rupiah Baru Dibilang Mirip Yuan, Benarkah? Berikut ...

Rupiah Baru Dibilang Mirip Yuan, Benarkah? - Jakarta - Bank Indonesia (BI) dan pemerintah baru saja menerbitkan uang rupiah desain baru. Dengan tampilan yang lebih segar, uang baru ini langsung beredar di masyarakat.

Tak lama setelah diluncurkan, uang baru ini ramai dibicarakan di masyarakat. Mulai dari pembahasan positif, hingga negatif.

Salah satu yang negatif adalah rupiah baru ini dituduh mirip yuan. Sampai-sampai pemerintah dituduh sebagai antek China gara-gara desain baru rupiah.

Benarkah seperti itu, mari kita lihat perbandingannya dengan mata uang negara lain di bawah ini.

Rupiah Baru Dibilang Mirip Yuan, Benarkah? Berikut ...

Uang Rupiah Baru Punya 17 Pengaman


 Bank Indonesia hari ini merilis desain rupiah yang baru. Polisi menyambut baik desain uang dengan 17 pengaman ini.

"Polri menyambut baik uang rupiah baru, dalam hal ini telah ada 17 item yang memperkuat pengamanan yang dilakukan BI dalam mencetak uang baru," ungkap Kabag Penum Divisi Humas Mabes Polri, Kombes Martinus Sitompul, di kantornya, Jl. Trunojoyo, Jakarta Selatan (19/12/2016).

Dari 17 item yang memperkuat pengamanan uang palsu, Martinus hanya menyebutkan dua item sebagai contoh. Yaitu warna dan tinta yang disembunyikan.

"Misalnya soal warna, soal warna itu sama sekali berubah. Kemudian tinta yang disembunyikan, sekarang ada dua yang bisa dilihat hanya dengan sinar ultraviolet. Pencegahan terhadap pembuatan uang palsu ini bisa lebih terantisipasi," jelasnya.

Sebelumnya diberitakan, Bank Indonesia (BI) menerbitkan 11 uang rupiah desain baru. Uang desain baru ini terdiri atas tujuh pecahan uang kertas dan empat pecahan uang logam.

Saksikan video dari 20detik di sini:




Sumber : https://news.detik.com/berita/d-3375064/polisi-uang-rupiah-baru-punya-17-pengaman?_ga=1.95001180.1779480744.1480551303
Rupiah Baru Dibilang Mirip Yuan, Benarkah? Berikut ... Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Mas Hery

0 komentar:

Poskan Komentar