Website Berita Terhangat | Terbaru | Teraktual dari Berbagai Sumber..!

Rabu, 31 Agustus 2016

Harga Rokok Naik 50 Ribu, Apa yang Akan Terjadi ? Baca Informasi ini






TRIIBUNNEWS.COM - Harga Rokok Naik 50 Ribu, Apa yang Akan Terjadi  | Sebuah wacana untuk mendorong pemerintah menaikkan harga cukai produk rokok mulai digulirkan. Harga kenaikan yang diusulkan berkisar sekitar Rp 50.000 perbungkus. Wacana ini digulirkan menyusul temuan peningkatan angka perokok, terutama dikalangan remaja.Jika sampai pemerintah mengiyakan wacana ini, apa yang akan terjadi ? Sudarto, Ketua Serikat Pekerja Seluruh Indonesia bidang Rokok, Tembakau, Makanan & Minuman (SPSI-RTMM) menyebutkan efek dari wacana yang digulirkan tersebut adalah petani tembakau yang bakal menjerit, para pengusaha sektor industri rokok gulung tikar dan PHK besar – besaran pada industri rokok.

Lebih lanjut Sudarto menyatakan tahun 2014 sudah ada sekitar 26.000 orang yang terkena PHK. Jumlah itu berasal dari 15 perusahaan rokok yang gulung tikar akibat beban cukai.

“Jika tahun depan cukai naik 23%, jumlah pekerja yang terkena PHK bisa bertambah lebih 50.000 orang,” kata Sudarto.

Soni, Salah seorang konsumen rokok yang juga seorang pemerhati ekonomi mengatakan pribadinya tidak masalah harga rokok akan dinaikan, tapi ia memberikan catatan penting pada pemerintah jika keputusan ini diambil

” berarti pemerintah harus siap menahan turbulensi ekonomi hebat jika harga rokok dipaksakan naik. Bukan pendapatan pemerintah yang akan naik nantinya, justru menurun, pabrik tutup, petani gantung pacul, PHK besar-besaran dan mendorong tumbuhnya industri rokok murah dan ilegal dan rokok elektrik misalnya. Menaikan harga cukai rokok tidak serta merta meraih mimpi indah akan meraup devisa tambahan. Kalau pribadi saya sih tinggal beralih ke rokok elektrik atau berhenti merokok. Gampang “

Sebelumnya sebuah media mengutip pernyataan Kepala Pusat Kajian Ekonomi dan Kebijakan Kesehatan, Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Indonesia, Hasbullah Thabrany. Kata Hasbullah harga rokok seharusnya dinaikkan setidaknya menjadi dua kali lipat.

“Dengan menaikkan harga rokok, dapat menurunkan prevalensi perokok, terutama pada masyarakat yang tidak mampu,” ujar Hasbullah

Hasbullah melakukan survey terhadap 1.000 orang melalui telepon dalam kurun waktu Desember 2015 sampai Januari 2016. Kata dia hasil survey itu menunjukan sebanyak 72 persen bilang akan berhenti merokok kalau harga rokok diatas Rp 50.000.

Hasil studi juga menunjukkan, 76 persen perokok setuju jika harga rokok dan cukai dinaikkan. Hasbullah menambahkan strategi menaikkan harga dan cukai rokok pun sudah terbukti efektif menurunkan jumlah perokok di beberapa negara.

Sumber :http://buanaindonesia.com/news/blog/2016/08/06/harga-rokok-naik-50-ribu-apa-yang-akan-terjadi/
Kontributor M Irfan

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Harga Rokok Naik 50 Ribu, Apa yang Akan Terjadi ? Baca Informasi ini

0 komentar:

Posting Komentar